Cara Membuat Hormon dari kelenjar Hipofisa



Cara membuat hormon dari kelenjar hipofisa sebagai berikut:

  1. Siapkan ikan donor “ikan donor adalah ikan yang akan dikorbankan untuk diambil hipofisanya” untuk diambil hipofisanya. Kita bisa menggunakan ikan lele dumbo atau ikan jenis karper, namun biasanya kebanyakan para pembudidaya menggunakan ikan jenis karper. Ikan yang akan diambil kelenjar hipofisanya harus telah berumur lebih dari satu tahun. Berat ikan yang digunakan sebagai donor harus memiliki berat yang sama dengan berat ikan yang akan disuntikkan hormon hipofisa, contohnya jika ikan yang akan disuntik beratnya 3 kg maka ikan donornya juga harus 3 kg.
  2. Ikan donor dipotong tepat pada batas bagian kepala dengan badannya. Selanjutnya belah ikan donor dari arah bukaan mulut. Lepaskan bagian kepala yang telah dipotong dengan tang. Cekungan tempat kelenjar hipofisa dibersihkan dari bercak darah dan lendir dengan kain tisu.
  3. Selanjutnnya kelenjar hipofisa (berukuran kecil berwarna putih) diambil dengan pinset secara hati-hati. Jaga jangan sampai kelenjar hipofisanya rusak.
  4. Letakkan kelenjar hipofisa pada cawan penggerus. Hancurkan kelenjar tersebut dengan menambahkan pelarut akuabides “akuabides adalah air yang telah didestilasi dua kali” sebanyak 1-2 cc.
  5. Kelenjar tersebut diendapkan sebentar dan selanjutnya sedot dengan menggunakan suntikan. Bila kita tidak menggunakannya langusng kita dapat menyimpannya di dalam lemari pendingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar